Tingkat Kesukaran Butir Soal

(Rabu, 07 November 2007)

Indeks kesukaran butir sebagaimana dinyatakan oleh Allen & Yen (1979: 120) adalah proportion of examinees who get that item correct. Senada dengan mereka, Sax (1980: 193) menulis bahwa indeks kesukaran adalah proporsi peserta ujian yang menjawab benar. Saifuddin Azwar (2003: 134) menyatakan dengan lebih lugas bahwa indeks kesukaran butir adalah rasio penjawab butir dengan benar dan banyaknya penjawab butir.

Proporsi menjawab benar p (proportion correct) adalah indeks kesukaran soal yang paling sederhana dan sering digunakan dalam menentukan besaran indeks. Rumus untuk menentukan besarnya indeks kesukaran secara matematis dirumuskan oleh Saifuddin Azwar (2003: 134) sebagai berikut

P adalah indeks kesukaran butir, n1 adalah jumlah peserta tes yang menjawab benar sedangkan N adalah banyaknya siswa yang menjawab butir soal tersebut. Dengan demikian untuk menghitung indeks kesukaran butir dilakukan dengan tidak membagi kelompok peserta tes kedalam kelompok atas dan bawah sebagaimana untuk menentukan daya beda.
Besarnya indeks korelasi berkisar antara 0 sampai 1. Makin tinggi besaran indeks korelasi maka butir soal tersebut semakin mudah. Dan semakin kecil angka indeks korelasi maka butir soal tersebut semakin sulit. Indeks kesukaran yang berada disekitar 0,5 dianggap yang terbaik. Karena itulah maka menurut Allen & Yen (1979: 121) tingkat kesukaran yang baik adalah 0,3 sampai 0,7. butir dengan tingkat kesulitan dibawah 0,3 dianggap butir soal yang sukar sedangkan jika indeksnya diatas 0,7, butir soal tersebut dianggap mudah.
Dari penjelasan di atas ada beberapa hal yang bisa disimpulkan berkaitan dengan indeks kesukaran item yaitu bahwa nilai p bagi suatu butir hanya menunjukkan indeks bagi kelompok yang diuji. Harga p ini bisa berubah jika tes diujikan pada kelompok yang berbeda. Selain itu, indeks kesukaran yang dihasilkan dari rumus ini adalah indeks kesukamn yang berlaku bagi kelompok secara keseluruhan bukan perorangan. Indeks kesukaran bagi tiap peserta tes tidak bisa disimpulkan dengan melihat indeks proporsi menjawab benar p.

Posted in Diposting oleh Penelitian dan Evaluasi Pendidikan di 15.13  

0 komentar:

 
Copyright 2005-2007. Hello Wiki designed by Fen, Arsip by Blog Tutorial.