Analisis Butir Soal

(Kamis, 08 November 2007)


Dalam dunia pendidikan, sangat penting untuk mengetahui kemajuan yang dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran selama beberapa waktu. Salah satu upaya untuk memotret kemajuan peserta didik tersebut adalah dengan memberikan seperangkat tes yang diharapkan akan bisa mengukur sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan.

Untuk memperoleh informasi yang diperlukan, tes yang diberikan seharusnya memenuhi persyaratan-persyaratan sehingga tes tersebut bisa dikatakan sebagai alat ukur yang berkualitas. Berangkat dari sini, butir-butir soal yang berada dalam satu tes hendaklah butir-butir soal yang memiliki kualitas tinggi yang berdasar dari spesifikasi yang jelas.
Untuk menyusun butir soal yang baik, diperlukan beberapa persayaratan sehingga butir soal tersebut dapat menjalankan fungsinya sebagai alat ukur yang terpercaya. Setelah tes disusun, maka keberadaan tes tersebut harus diujicobakan sehingga dapat diketahui kualitas yang terkandung dalam setiap butirnya. Kualitas butir tersebut pada gilirannya akan menjadi penentu kualitas tes secara keseluruhan.
Secara umum, ada dua cara dalam melakukan analisis soal yaitu secara empiris atau kuantitatif dan secara teoritik atau kualitatif. Analisis secara teoritik dilakukan sebelum soal diujicobakan kepada testee dengan cara melihatk kambali butir-butir soal dengan kemampuan dasar yang diinginkan serta terpenuhinya persyaratan-persyaratan tertentu seperti materi, konstruk dan bahasa. Sementara analisis kuantitatif dapat dilakukan dengan dua cara yaitu analisis cara klasik dan modern (Mardapi 2004 : 131). Pada kesempatan ini, butir soal akan dianalisis berdasarkan analisis kuantitatif dengan menggunakan cara klasik atatu tradisional.
Untuk melihat butir yang baik berdasarkan analisis kuantitatif dengan cara tradisional, selain bisa dilakukan secara manual, juga bisa dilakukan dengan perangkat software yang berfungsi mengefisienkan waktu. Software yang sangat familiar khususnya bagi peneliti butir soal adalah Item and Test Analysis Program (ITEMAN). Software ini berjalan menurut bahasa program ASCII dan biasanya digunakan untuk menganalisis butir soal.
Item And Test Analysis Program (ITEMAN) merupakan salah satu software yang tersedia untuk melakukan analisis terhadap butir-butir soal. Sebagaimana RASCAL, ASCAL dan BIGSTEPS, bahasa pemrograman yang dapat dipahami oleh program-program ini adalah bahasa yang diformat dalam bentuk ASCII. ITEMAN berguna dalam melakukan analisis statistik untuk menentukan kualitas butir soal mencakup informasi mengenai tingkat kesukaran, daya pembeda soal dan statistik sebaran jawaban berdasarkan pendekatan teori tes klasik (classical test theory).
Selain informasi yang dihasilkan diatas, kita juga dapat mengetahui tentang statistik tes, kesalahan pengukuran (standard error of measurement), kurtosis, skewness, standar deviasi serta distribusi skor. Karenanya informasi yang terdapat dari hasil analysis ITEMAN akan sangat membantu dalam melihat kualitas sebuah tes secara kuantitatif.
Bagaimana cara mengoperasikan ITEMAN serta menginterpretasikan outputnya Insya Allah akan dibahas di posting berikut... sekarang dah ngantuk,,, jadi mau bobo dulu :)

Posted in Diposting oleh Penelitian dan Evaluasi Pendidikan di 11.48  

0 komentar:

 
Copyright 2005-2007. Hello Wiki designed by Fen, Arsip by Blog Tutorial.